Headlines News :
Home » , » Faisal Basri: Pertamina Bohong Soal Petral

Faisal Basri: Pertamina Bohong Soal Petral

Written By Unknown on Thursday, December 4, 2014 | 2:12 AM

Jakarta -Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Faisal Basri menyebut PT Pertamina (Persero) sempat berbohong dan menutup-nutupi
 proses bisnis anak usahanya, PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral). 

Pertamina, kata Faisal, menyebut proses pembelian minyak mentah di Petral langsung dilakukan dengan national oil company, alias perusahaan atau produsen migas asing, tanpa perantara atau broker. 
Faktanya, Faisal menemukan bahwa Petral juga membeli minyak yang telah diolah untuk dibawa ke Indonesia dari perusahaan trading, atau broker."Petral beli juga lewat Hin Leong Trading Ltd, lalu Kernel Oil yang juga sempat kena kasus. Sebetulnya Hin Leong itu kredibel. Cuma yang kita benci, kalau bohong. Jadi tolong kasih statement dan penjelasan yang jujur," kata Faisal saat diskusi di Gedung Bank Indonesia (BI), Jalan Thamrin, Jakarta, Kamis (4/12/2014).Pembelian melalui pihak ketiga atau broker migas, menurut Faisal, sebetulnya bukan hal aneh. Apalagi, Pertamina melalui Petral, memesan bensin premium RON 88 yang sudah tidak beredar di pasar. Akhirnya, perusahaan trading pemenang tender mencampur, alias menurunkan kualitas minyaknya, dari RON 92 menjadi RON 88, sebelum dibawa ke Indonesia."Ada trader yang merealisasikan kontrak-kontrak itu bukan national oil company. Seperti yang diklaim Pertamina dan Petral. Saya kasih data bill of leading-nya, ada invoice-nya," jelasnya.Petral dipandang sebagai organisasi bagus, cuma Faisal ingin membuat sistem bisnis yang transparan. Dengan aturan main yang jelas, sistem perminyakan Indonesia bisa transparan."Tugas kami adalah memberi rekomendasi agar aturan mainnya jelas. Supaya kita bisa lihat ikan-ikan (pemain) yang ada di akuarium," analoginya.

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. LAMBITUNEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template